AUTHOR GUIDELINES

PEDOMAN  PENULISAN

  1. Jurnal Pangan, Gizi, dan Kesehatan menerima naskah ilmiah berupa hasil penelitian, hasil kajian pustaka, artikel atau critical review dibidang pangan, gizi dan kesehatan masyarakat ditinjau dari berbagai aspek.
  2. Naskah adalah hasil karya yang belum pernah dipublikasikan atau dipertimbangkan akan dimuat dalam media publikasi lain.
  3. Naskah disusun dalam bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan atau dalam bahasa Inggris, disertai abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak mengandung unsur masalah, tujuan, metode dan hasil, masing-masing tidak lebih dari 250 kata.
  4. Naskah diketik dengan menggunakan program MS-Word, font Times New Roman, ukuran 12 pts, jarak dua spasi, garis tepi kiri 4 cm, tepi kanan 3 cm, atas 3 cm dan bawah 3 cm. Tebal naskah 8-20 halaman termasuk tabel, grafik, gambar dan lampiran.  Kirimkan print out dan CD ke alamat redaksi.  Naskah dapat dikirim lewat e-mail.
  5. Naskah disusun dengan sistematika : Judul, nama penulis (tanpa gelar), alamat/institusi penulis, abstract/abstrak (tidak lebih 200-300 kata dan disertai kata kunci), pendahuluan (mencakup pokok permasalahan/isu dan tujuan penulisan/penelitian), Tinjauan pustaka atau teoritis (bila ada), metodologi penelitian atau metode analisis (bila hasil penelitian), hasil dan pembahasan, simpulan dan saran/implikasi kebijakan, ucapan terimakasih (bila ada), daftar pustaka, dan lampiran (sesuai dengan keperluan).
  6. Peringkat Judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian :

PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

  1. Tabel dan gambar atau grafik dibuat sedekat mungkin dengan ulasan atau pembahasan dan beri nomor secara berurutan sesuai dengan rujukan dalam naskah. Jika perlu cantumkan sumber data yang digunakan.
  2. Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang dirujuk dalam tulisan dan disusun menurut abjad mulai dari penulis pertama dan seterusnya. Bagi pustaka yang merujuk dari jurnal atau majalah ilmiah, dan prosiding, harus menyebutkan nama penulis, tahun, judul, tempat seminar, penerbit, halaman, dan editor (penyunting). 

Contoh :

Buku :

Notoatmodjo, S.  2005. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Buku Kumpulan Artikel :

Saukah, A & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam Jurnal atau Majalah :

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX(4):57-61.

Artikel dalam Koran :

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hal. 4&11.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian :

Widodo E. 2001. Perolehan dan Konsumsi Tablet Zat Besi pada Ibu Hamil di Tinjau dari Beberapa Faktor di Puskesmas Rimo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2001.  Skripsi tidak diterbitkan.  Medan : FKM USU Medan.

Internet (Karya Individual) :

Hitchock, S., Carr, L & Hall, W.  1996.  A  Survey of STM Online Journal, 1990-1995: The Calm before the Strom, (Online), (http://journal. ecs.soton. ac.uk/ survey.html, diakses 12 Juni 2002).

Internet (artikel dalam jurnal online) :

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya.  Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id. Diakses 20 Januari 2000).

 

  1. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, tetapi akan diberitahukan kepada penulis.  Penulis yang naskahnya dimuat dimohon membayar kontribusi sebesar Rp. 150.000,- per naskah.
  2. Setiap penulis yang dimuat naskahnya akan dikirimkan sebanyak satu eksemplar dan cetak lepas sebanyak 2 (dua) eksemplar.
  3. Biaya langganan Rp. 35.000,- per eksemplar, termasuk biaya pengiriman.