HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN KETERSEDIAAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN MALAKA TENGAH KABUPATEN MALAKA

Authors

  • Marthen R Pellokila Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Undana
  • Grouse Oematan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana
  • Romi N L Kami Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

DOI:

https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i2.79

Keywords:

Faktor Sosial Ekonomi, Ketersediaan Pangan, Rumah Tangga Petani, Jumlah Anggota Keluarga, Tingkat Pendidikan Ibu, Tingkat Pendapatan Keluarga

Abstract

Ketersediaan pangan dapat terwujud melalui produksi usahatani dan nonusahatani. KetersediaanĀ  pangan melalui usahatani dapat dilakukan melalui pengelolaan ragam faktor produksi, sedangkan ketersediaan pangan melalui non usahatani membutuhkan akses atau kemampuan dengan daya jangkau berupa daya beli atau pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial ekonomi dengan tingkat ketersediaan pangan pada rumah tangga petani di Kabupaten Malaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder dan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara berdasarkan kuisioner. Penentuan sampel dilakukan secara bertahap (multistage random sampling) yaitu terlebih dahulu menentukan wilayah kecamatan secara acak sehingga terpilih Kecamatan Malaka Tengah dari 12 Kecamatan yang ada. Selanjutnya penentuan desa contoh yaitu Desa Wehali dan Desa Kletek dan terakhit ialah penentuan rumah tangga petani contoh (responden) dengan mengunakan rumus slovin sehinga total responden yang didapat ialah 84 responden. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor yang berhubungan dengan ketersediaan panganĀ  pada rumah tangga petani pada kedua desa ialah faktor tingkat pendapatan yang memberikan pengaruh positif sedangkan jumlah anggota keluarga dan tingkat pendidikan ibu tidak memberikan pengaruh terhadap ketersediaan pangan pada rumah tangga petani.

References

Dicky. 2014. Keragaan Konsumsi Pangan Rumah Tangga Kupang Timur Kabupaten Kupang. Skripsi. Fakultas Pertanian Undana, Kupang.

Djiteng, Roedjito D. 1990. Penilaian Dan Perencanaan Konsumsi Pangan.Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Hardiansyah Dan Briawan. 1990. Penilaian Dan Perencanaan Konsumsi Pangan. Jurusan Gizi Masyarakat Dan Sumber Daya Keluarga. Fakultas Pertanian. IPB-Bogor.

Jutomo L. 2000 Telaah Ketersediaan Pangan Rumah Tangga Petani Di Sepanjang Sungai Cihideung, Sub-Daerah Aliran Sungai Cisadane, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Tameno. 2008. Tingkat Ketahanan Pangan Dalam Rumah Tangga Petani Di Desa Kusi Kecamatan Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah Selatan.Skripsi. Fakultas Pertanian Undana, Kupang.

Tulle. 2007. Analisis Ketersediaan Dan Ketahanan Pangan Pokok Rumah Tangga Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Timur. Skripsi. Fakultas Pertanian Undana, Kupang.

Undang-Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2012 Tentang Pangan Https://Www.Google.Co.Id/?Gws_Rd=Cr&Ei=5akivmatgpcvuasx7ociaq=Un dangundang+Republik+Indonesia+No+18+Tahun+2012+Tentang+Pangan).di akses tanggal 23 Februari 2017).

Published

2020-12-07

How to Cite

Pellokila, M. R., Oematan, G., & Kami , R. N. L. (2020). HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN KETERSEDIAAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN MALAKA TENGAH KABUPATEN MALAKA. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 9(2), 1100-1110. https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i2.79