HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI, RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN POLA KONSUMSI IBU HAMIL DI DAERAH LOKUS STUNTING KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Authors

  • Maria Magdalena Kurnia Deksiana Ratu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana
  • Intje Picauly Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana
  • Soleman Landi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i2.76

Keywords:

Pola Konsumsi Pangan, Pusat Kesehatan Masyarakat, Zat Gizi, Pola Asuh, Sanitasi dan Higiene, Pendapatan keluarga, Pengetahuan Ibu tentang Gizi, Riwayat Penyakit Infeksi

Abstract

Riskesdas, 2018 menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten TTU cukup tinggi (40,8%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang gizi, riwayat penyakit infeksi dan personal hygiene dengan pola konsumsi ibu hamil di Daerah Lokus Stunting Kabupaten Timor Tengah Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan studi Cross Sectional di 10 desa wilayah lokus stunting dengan sampel sebanyak 45 ibu hamil yang ditentukan menggunakan metode Total Sampling. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat dengan uji statistik regresi logistik sederhana dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan pola konsumsi ibu hamil adalah pengetahuan ibu tentang gizi (ρ= 0,002), dan personal hygiene (ρ= 0,014), sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah riwayat penyakit infeksi (ρ= 0,464). Faktor pengetahuan ibu tentang gizi (ρ= 0,002) merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi pola konsumsi ibu hamil dengan nilai OR sebesar 49,333. Untuk dapat meningkatkan pengetahuan ibu, maka diperlukan informasi yang lengkap terkait pola konsumsi yang baik dan gizi seimbang bagi ibu hamil. 

References

Arisman. 2004. Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC.

Hidayati, Farida. 2011. Hubungan Antara Pola Konsumsi, Penyakit Infeksi dan Pantang Makanan terhadap Risiko Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan tahun 2011. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) dan Penjelasannya Tahun 2016. Jakarta : Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) dan Penjelasannya Tahun 2017. Jakarta : Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Laporan Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Khairina. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Cipayung Kota Depok Provinsi Jawa Barat Tahun 2013. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Octaviana, P.S. 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Lebih Pada Siswa Sekolah Dasar 05 Kuningan Barat di Kecamatan Mampang Prapatan Tahun 2013. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri.

Pahlevi, A.E. 2012. Determinan Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 7, No. 2, Hal. 122-126. Diakses 03 Juli 2019.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Situasi Balita Pendek. Jakarta : Kemenkes RI.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Jakarta : Kemenkes RI.

Tjahjono, D.H. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nafsu Makan pada Pasien Dengan Penyakit Pernafasan Obstruksi Kronis Di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya. Tesis. Depok : Universitas Indonesia.

Yongki, Hardinsyah, Gulardi, & Marhamah. 2009. Status Gizi Awal Kehamilan Dan Pertambahan Berat Badan Ibu Hamil Kaitannya dengan BBLR. Jurnal Gizi dan Pangan. Vol. 4, No. 1, Hal. 8-12. Diakses pada 20 Juni 2019.

Published

2020-12-07

How to Cite

Ratu, M. M. K. D., Picauly, I., & Landi, S. . (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI, RIWAYAT PENYAKIT INFEKSI DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN POLA KONSUMSI IBU HAMIL DI DAERAH LOKUS STUNTING KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 9(2), 1070-1080. https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i2.76

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2