PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI, PERILAKU PENCEGAHAN & DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) PADA KOMUNITAS WANITA PRIA (WARIA) DI KOTA KUPANG.

Authors

  • Imelda Getriany Thobias Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
  • Rafael Paun Prodi Kebidanan Politeknik Kesehatan Kupang
  • Intje Picauly Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Undana

DOI:

https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i1.53

Keywords:

Transsexual, Sosial Ekonomi,, Infeksi Menular Seksual

Abstract

Tujuan penelitian Menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi (pendidikan, pekerjaan dan pendapatan), perilaku pencegahan (pengetahuan, sikap, niat dan tindakan) dan dukungan sosial terhadap Infeksi menular seksual (IMS) pada komunitas waria di Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan desain penelitian Cross sectional study. Besar sampel yang diambil adalah total populasi, yakni berjumlah 67 orang Analisa data secara deskriptif, bivariat dan multivariate. Hasil analisis bivariat dengan uji chy square menunjukan bahwa Faktor sosial ekonomi yang mempunyai pengaruh terhadap IMS pada Komunitas Waria adalah variabel Pekerjaan dan Pendapatan (p=0,031 dan p=0,036). Sedangkan variabel Pendidikan tidak mempunyai pengaruh terhadap IMS (p=0,205), Faktor Perilaku pencegahan yang mempunyai pengaruh terhadap infeksi menular seksual pada komunitas waria adalah variabel niat (p=0,0,024). Sedangkan  ariabel Pengetahuan, sikap dan tindakan tidak mempunyai pengaruh terhadap IMS pada komunitas waria (p=0,625; p=0,834 dan p=0,790) dan Dukungan sosial tidak mempunyai pengaruh  terhadap infeksi menular seksual pada komunitas waria (p=0,946). Analisis multivariat dengan uji regresi logistik menunjukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi IMS pada komunitas Waria yaitu Pekerjaan dan Niat.

Published

2020-04-01

How to Cite

Imelda Getriany Thobias, Rafael Paun, & Intje Picauly. (2020). PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI, PERILAKU PENCEGAHAN & DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) PADA KOMUNITAS WANITA PRIA (WARIA) DI KOTA KUPANG. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 9(1), 1002-1013. https://doi.org/10.51556/ejpazih.v9i1.53